Latest Games :
Home » » DELAPAN PELAJARAN BERHARGA

DELAPAN PELAJARAN BERHARGA

Kamis, 02 Januari 2014 | 0 komentar

DELAPAN PELAJARAN BERHARGA

ﺳﺄﻝ ﻋﺎﻟﻢ ﺗﻠﻤﻴﺬﻩ: ﻣﻨﺬ ﻣﺘﻲ ﺻﺤﺒﺘﻨﻲ؟
Seorang yg 'alim bertanya kepada muridnya: "Sejak kapan kau menemaniku ?"

ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﺘﻠﻤﻴﺬ: ﻣﻨﺬ ﺛﻼﺛﺔ ﻭﺛﻼﺛﻴﻦ ﺳﻨﺔ ...

Murid : "Sejak 33 tahun yg lalu"

ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ: ﻓﻤﺎﺫﺍ ﺗﻌﻠﻤﺖ ﻣﻨﻲ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ
ﺍﻟﻔﺘﺮﺓ؟ !
Guru: "Apa yg telah kau pelajari dariku selama ini..??"

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺘﻠﻤﻴﺬ:تعلمت ﺛﻤﺎﻧﻲ ﻣﺴﺎﺋﻞ...
Murid: "Aku telah belajar 8 hal"

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ : ﺇﻧﺎ ﻟﻠﻪ ﻭﺇﻧﺎ ﺇﻟﻴﻪ ﺭﺍﺟﻌﻮﻥ
ﺫﻫﺐ ﻋﻤﺮﻱ ﻣﻌﻚ ﻭﻟﻢ ﺗﺘﻌﻠﻢ ﺍﻻ ﺛﻤﺎﻧﻲ
ﻣﺴﺎﺋﻞ؟ !

Guru: "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun, telah habis umurku bersamamu dan kamu tidak belajar kecuali hanya 8 hal saja !!!???

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺘﻠﻤﻴﺬ: ﻳﺎ ﺃﺳﺘﺎﺫ ﻟﻢ ﺃﺗﻌﻠﻢ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻭﻻ
ﺃﺣﺐ ﺃﻥ ﺃﻛﺬﺏ ...........

Murid:"Wahai guruku aku tidak belajar selainnya dan aku tidak suka berbohong..."

ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻷﺳﺘﺎﺫ: ﻫﺎﺕ ﻣﺎ ﻋﻨﺪﻙ ﻷﺳﻤﻊ ...
Guru: "Katakan apa yg kamu dapat agar aku bisa mendengarnya"

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺘﻠﻤﻴﺬ:
Murid:

ﺍﻷﻭﻟﻲ :
ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ
ﻳﺤﺐ ﻣﺤﺒﻮﺑﺎ ﻓﺈﺫﺍ ﺫﻫﺐ ﺇﻟﻲ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﻓﺎﺭﻗﻪ
ﻣﺤﺒﻮﺑﻪ
ﻓﺠﻌﻠﺖ ﺍﻟﺤﺴﻨﺎﺕ ﻣﺤﺒﻮﺑﻲ ﻓﺈﺫﺍ ﺩﺧﻠﺖ
ﺍﻟﻘﺒﺮ ﺩﺧﻠﺖ ﻣﻌﻲ .

Yg PERTAMA:
"Aku perhatikan setiap makhluk, maka aku melihat setiap individu dari mereka mencintai kekasihnya...
Apabila ia masuk ke kuburan maka akan berpisahlah dgn kekasihnya...
Maka aku menjadikan amal-amal baik sebagai kekasihku, sehingga jika aku masuk ke kuburan ia akan selalu mendampingiku..

ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ:
ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ " : ﻭﺃﻣﺎ
ﻣﻦ ﺧﺎﻑ ﻣﻘﺎﻡ ﺭﺑﻪ ﻭﻧﻬﻲ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻋﻦ
ﺍﻟﻬﻮﻱ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻫﻲ ﺍﻟﻤﺄﻭﻯ "
ﻓﺄﺟﻬﺪﺕ ﻧﻔﺴﻲ ﻓﻲ ﺩﻓﻊ ﺍﻟﻬﻮﻯ ﺣﺘﻰ
ﺍﺳﺘﻘﺮﺕ ﻋﻠﻲ ﻃﺎﻋﺔ ﺍﻟﻠﻪ .........

Yang KEDUA:
"Aku telah memperhatikan firman Allah Ta'ala:
'Dan barangsiapa yg takut kepada kebesaran Tuhan-nya serta menahan jiwanya dari hawa nafsu, maka surga adalah tempat (baginya)'
Maka aku bersungguh-sungguh untuk mengekang jiwaku dari hawa nafsu hingga tetaplah aku dalam ketaatan kpd Allah...

ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ :
ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﺃﻥ ﻛﻞ
ﻣﻦ ﻣﻌﻪ ﺷﻲﺀ ﻟﻪ ﻗﻴﻤﺔ ﺣﻔﻈﻪ ﺣﺘﻲ ﻻ
ﻳﻀﻴﻊ ﺛﻢ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ:
" ﻣﺎ ﻋﻨﺪﻛﻢ ﻳﻨﻔﺬ ﻭﻣﺎ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺎﻕ "
ﻓﻜﻠﻤﺎ ﻭﻗﻊ ﻓﻲ ﻳﺪﻱ ﺷﻲﺀ ﺫﻭ ﻗﻴﻤﺔ
ﻭﺟﻬﺘﻪ ﻟﻠﻪ ﻟﻴﺤﻔﻈﻪ ﻋﻨﺪﻩ
.

Yang KETIGA:
"Aku memandangi makhluk di dunia ini, dan setiap dari mereka mempunyai benda yg berharga yg ia jaga dgn baik sehingga tidak hilang darinya...
Kemudian aku memperhatikan firman Allah Ta'ala:
'Apa yg di sisimu akan LENYAP dan apa yg di sisi Allah adalah KEKAL'
Maka setiap kali jatuh ke tanganku sesuatu yg berharga dan bernilai, aku pun menghadapkannya kpd Allah agar Ia menjaga apa yg ada di sisi-Nya...

ﺍﻟﺮﺍﺑﻌﺔ:
ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﻛﻞ ﻳﺘﺒﺎﻫﻲ
ﺑﻤﺎﻟﻪ ﺃﻭﺣﺴﺒﻪ ﺃﻭ ﻧﺴﺒﻪ ﺛﻢ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ
ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ:
" ﺇﻥ ﺃﻛﺮﻣﻜﻢ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺗﻘﺎﻛﻢ "
ﻓﻌﻤﻠﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻘﻮﻱ ﺣﺘﻲ ﺃﻛﻮﻥ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ
ﻛﺮﻳﻤﺎ .

Yang KEEMPAT:
"Kupandangi makhluk di dunia ini, maka aku melihat setiap dari mereka selalu memperhatikan kpd hartanya, keududukannya, dan keturunannya..
Kemudian aku memperhatikan kpd firman Allah Ta'ala:
'Sungguh yg paling MULIA di antara kalian adalah yg PALING BERTAQWA'
Maka aku pun bertaqwa kepada-Nya hingga aku menjadi orang yg MULIA di sisi Allah..

ﺍﻟﺨﺎﻣﺴﺔ:
ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻭﻫﻢ ﻳﻄﻌﻦ
ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﻭﻳﻠﻌﻦ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺑﻌﻀﺎ
ﻭﺃﺻﻞ ﻫﺬﺍ ﻛﻠﻪ ﺍﻟﺤﺴﺪ ﺛﻢ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ
ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ:
" ﻧﺤﻦ ﻗﺴﻤﻨﺎ ﺑﻴﻨﻬﻢ ﻣﻌﻴﺸﺘﻬﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ
ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ "
ﻓﺘﺮﻛﺖ ﺍﻟﺤﺴﺪ ﻭﺍﺟﺘﻨﺒﺖ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭﻋﻠﻤﺖ
ﺍﻥ ﺍﻟﻘﺴﻤﺔ ﻣﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﺘﺮﻛﺖ ﺍﻟﺤﺴﺪ
ﻋﻨﻲ

.
Yang KELIMA:
"Ku pandangi kepada makhluk yg ada, dan ternyata mereka suka mengolok-olok dan mengutuk, sedangkan asal dari itu adalah sifat DENGKI..
Kemudian ku perhatikan firman Allah 'Azza wa Jalla:
'Kami telah membagikan penghidupan mereka pada kehidupan dunia'

Maka aku pun meninggalkan sifat dengki dan menjauhi manusia, dan aku pun tau bahwa pembagian rizki adalah milik Allah, maka aku pun meninggalkan hasad..

ﺍﻟﺴﺎﺩﺳﺔ :
ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻳﻌﺎﺩﻱ ﺑﻌﻀﻬﻢ
ﺑﻌﻀﺎ ﻭﻳﺒﻐﻲ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻋﻠﻲ ﺑﻌﺾ ﻭﻳﻘﺎﺗﻞ
ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺑﻌﻀﺎ ﻭﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ
ﺗﻌﺎﻟﻲ:
" ﺇﻥ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻟﻜﻢ ﻋﺪﻭ ﻓﺎﺗﺨﺬﻭﻩ ﻋﺪﻭﺍ "
ﻓﺘﺮﻛﺖ ﻋﺪﺍﻭﺓ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻭﺗﻔﺮﻏﺖ ﻟﻌﺪﺍﻭﺓ
ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻭﺣﺪﻩ ..

Yang KEENAM:
"Kuperhatikan makhluk, ternyata mereka saling memusuhi satu sama lain, membenci satu sama lain, dan berperang satu sama lainnya..
Aku pun memperhatikan kpd firman Allah Ta'ala:
'Sungguh SETAN adalah musuh bagi kalian, maka jadikanlah ia sbg musuhmu !'

Maka aku pun meninggalkan permusuhan di antara manusia dan aku khususkan untuk memusuhi setan saja..

ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ:
ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ
ﻣﻨﻬﻢ ﻳﻜﺎﺑﺪ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻳﺬﻟﻬﺎ ﻓﻲ ﻃﻠﺐ ﺍﻟﺮﺯﻕ
ﺣﺘﻲ ﺍﻧﻪ ﻗﺪ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻴﻤﺎ ﻻ ﻳﺤﻞ ﻟﻪ .
ﻭﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ:
" ﻭﻣﺎ ﻣﻦ ﺩﺍﺑﺔ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ ﺇﻻ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻠﻪ
ﺭﺯﻗﻬﺎ " ﻓﻌﻠﻤﺖ ﺃﻧﻲ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ
ﺍﻟﺪﻭﺍﺏ ﻓﺎﺷﺘﻐﻠﺖ ﺑﻤﺎ ﻟﻠﻪ ﻋﻠﻲّ ﻭﺗﺮﻛﺖ ﻣﺎ
ﻟﻲ ﻋﻨﺪﻩ
.
Yang KETUJUH:
"Kuperhatikan kepada setiap makhluk, maka aku pun melihat setiap dari mereka melelahkan dirinya dan menghinakannya dalam mencari rizki sehingga ia telah terjerumus kpd apa yg tidak dihalalkan baginya..
Dan aku memperhatikan kpd firman Allah Ta'ala:
'Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi ini kecuali Allah-lah yg memberi rizkinya'
Maka aku pun tau bahwa aku salah satu dari hewan melata tsb, lalu kusibukkan diriku dgn apa yg telah Allah berikan kpadaku dan meninggalkan apa yg tidak ada padaku..

ﺍﻟﺜﺎﻣﻨﺔ :
ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﻛﻞ ﻣﺨﻠﻮﻕ
ﻣﻨﻬﻢ ﻣﺘﻮﻛﻞ ﻋﻠﻲ ﻣﺨﻠﻮﻕ ﻣﺜﻠﻪ , ﻫﺬﺍ
ﻋﻠﻲ ﻣﺎﻟﻪ ﻭﻫﺬﺍ ﻋﻠﻲ ﺿﻴﻌﺘﻪ ﻭﻫﺬﺍ ﻋﻠﻲ
ﺻﺤﺘﻪ . ﻭﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ
ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ :
" ﻭﻣﻦ ﻳﺘﻮﻛﻞ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻬﻮ ﺣﺴﺒﻪ "
ﻓﺘﺮﻛﺖ ﺍﻟﺘﻮﻛﻞ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻭﺍﺟﺘﻬﺪﺕ ﻓﻲ
ﺍﻟﺘﻮﻛﻞ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻠﻪ.........

Yang KEDELAPAN:
"Aku memandang kepada segenap makhluk, maka aku pun melihat setiap makhluk dari mereka yg menyandarkan diri kpd makhluk yg sama sptinya, ada yg menggantungkan diri pada hartanya, ada yg menggantungkan diri pada perniagaannya, dan ada pula yg menggantungkan diri pada kesehatannya,(semua bergantung pada benda)...
Lalu aku memperhatikan firman Allah Ta'ala:
'Dan barangsiapa yg bertawakkal pada Allah maka DIA akan mencukupinya'

Maka aku tinggalkan ketergantungan kepada makhluk dan bersungguh-sungguh dalam bertawakkal pada Allah...
ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻷﺳﺘﺎﺫ: ﺑﺎﺭﻙ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻴﻚ

Guru: "Semoga Allah memberkahimu.."
Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diambil Hikmahnya …
Silahkan DICOPAS atau DI-SHARE jika menurut sobat note ini bermanfaat ….
Sekian dan salam berbagi...

Salam santun dan keep silaturahim ...
http://irman85.blogspot.com/

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ISLAM IS MY CHOICE - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger